Cara Memperbaiki Tv Polytron Pada Sistem Memori Internal

POLYTRON TV juga terkadang mengalami kerusakan dalam sistem memori internalnya (pada seri ic STVxxxx), berikut adalah gejala dan cara memperbaikinya.

Gejalanya pada saat menghidupkan, beberapa detik akan menyala sekitar 10-15 detik. Suara Timbul sebentar, setelah itu protek / standby.



Cara Memperbaiki Tv Polytron Pada Sistem Memori Internal


Hal ini disebabkan sedikit kesalahan dalam data memori yang terdapat dalam program IC.
Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda hanya melakukan trik yang akan saya berikan sebagai berikut:

Hidupkan TV seperti biasa, dan tunggu posisi tv dalam status standby, gunakan remote remote, tekan tombol menu di remote dan tahan selama sekitar 3 - 5 detik sampai tv menyala secara otomatis.
TV biasanya langsung kembali normal, karena data di memori telah di-reset secara otomatis ke keadaan PP (preset plier).




Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena jika posisi TV standby.tombol sinyal power ke perintah menyala (ON) pada program IC.Kalau dalam posisi standby, tombol menu yang ditekan terus dalam beberapa detik akan memberikan masukan memori data RESET (flashdisk). Dan jika kondisi memori normal, maka dalam 'timing' perintah tertentu akan diartikan sebagai sinyal ke posisi SERVICE MENU. Dan sistem akan secara otomatis meminta passcode untuk masuk ke sub menu layanan.

Kode passcode-nya adalah 1013 untuk setting dasar (feature) dan 1014 untuk mengatur parameter utama (H-frek, V-amp, AGC, AFC dll).

Dan jika Anda mendapatkan masalah seperti yang saya sebutkan di atas, ini adalah cara termudah untuk mengatasinya. Tapi pertama pastikan pertama bahwa semua titik solder di mesin TV tidak bermasalah, ini membantu Anda dengan hati-hati terlebih dahulu semua titik solder sebelumnya.

Karena apa? Karena sistem proteksi juga akan membaca keadaan sirkuit sebelum tegangan normal akan diaktifkan. Jika ada masalah pada titik solder (biasanya ditemukan di titik kaki IC vertikal, kaki FBT, regulator) sistem akan dipertahankan ke posisi protek.

Artikel ini termasuk kedalam pembahasan :

cara melumpuhkan protek tv polytron-tv dinyalakan listrik langsung mati-protek tv polytron minimax-tv dihidupkan listrik mati-penyebab sekring putus pada tv-penyebab tv meledak-tv tiba tiba mati sendiri-tv bau gosong